Lagi-lagi Virus

Hati-hati ada virus komputer baru lagi. Variannya Brontok. Ciri-cirinya menduplikat folder-folder, bentuknya application besarnya 463kb. semua folder diduplikasi, folder asli kemudian di-hidden dan dikunci. semua di serang termasuk folder distart menu. Antivirus terkenal belum bisa mendeteksi. Di situs Vaksin.com pun belum dibahas, agak susah mencari referensi tentang virus ini. Dua hari yang lalu Virus ini menginfeksi 2 komputer di Clarinet.


Solusi sementara pake Tool jagoan “The Killer Machine”. Ternyata bisa dan langsung disikat habis. eh.. udah dibasmi, folder asli malah hilang. Jangan panik dulu, ternyata foldernya masih ada tapi dalam kondisi hidden & terkunci (disable). Untuk merecovery pake tool “Total Commander“. Caranya jalankan program, terus klik menu File - Change Attribute, kemudian hilangkan tanda centang di bagian Hidden. Selesai !


NB : virus ini jahat banget, walaupun sudah dibersihkan, file2x yang pernah terinfeksi berbentuk PDF, file zip(kompresan) jadi rusak (corrupt), gak bisa dibaca lagi. Berhati-hatilah!

Tips Menangkal Virus :

1. Buat partisi, pisahkan antara data dan program, misal program di drive c: , data di d:
2. Pasang software DeepFreeze, freeze sistem operasi, sehingga setiap kali komputer direstart kembali ke setingan awal lagi. Meskipun terkena virus, hanya data-data yang kena, ga perlu install ulang sistem operasi.
3. Pasang Antivirus dan selalu diupdate. Banyak orang menyangka bahwa kalo sudah dipasang Antivirus, maka otomatis akan bebas dari virus. Salah! Virus selalu berkembang. Selama antivirus bisa mengenali virus tersebut, maka dia bisa menghancurkannya. Itulah sebabnya perlu diupdate secara berkala,yaitu untuk menambah perbendaharaan database virus yang bisa dikenali.
4. BackUp Data Anda secara berkala.
5. Bergabung dengan komunitas maya yang kompeten, sehingga setiap ada masalah, bisa langsung dicarikan solusinya bersama-sama.

0 komentar:

Posting Komentar