Website dan Blog

Menurut anda apa beda diantara keduanya? Menurut wikipedia situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.

Sedangkan Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Dari kedua pengertian ini, kita dapat menentukan pilihan mana yang akan kita buat.

Nah dari kedua pengertian tersebut jelas, bahwa untuk membikin sebuah web kita harus tahu tujuan kita, untuk info yang dinamis karena kita bisa memposting artikel setiap saat maka kita bisa memilih web blog (Blog).

Weblog adalah semacam website pribadi
Weblog memungkinkan Anda menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word, PDF, dan PowerPoint), gambar serta multimedia.

Anda tidak perlu menjadi seorang programmer
Weblogs dibuat untuk mempermudah menampilkan content dalam web, Anda dapat menampilkan semuanya melalui editor yang sudah disesuaikan dengan browser internet . Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menggunakan Weblog, seluruhnya diatur dengan klik pada menu editorial.

Mempersingkat waktu
Weblog tidak hanya memudahkan menampilkan content di web tetapi juga mempersingkat waktu proses upload content, sehingga teman, rekan, dan pelanggan dapat dengan mudah menemukan, membaca dan berinteraksi. Weblog menyimpan data terakhir Anda pada bagian atas halaman web Anda. Data harian anda tersimpan pada kalender yang terintegrasi dan memudahkan pengguna lain mengakses data Anda yang telah tersimpan hari-hari sebelumnya.

Hubungan
Weblog menghubungkan Anda dengan orang lain. Setiap orang yang mempunyai browser internet dapat memasuki Weblog Anda dan membaca apa yang telah Anda tulis serta men-download file yang disimpan di Weblog Anda. Weblog adalah salah satu cara mengungkapkan sudut pandang Anda kepada orang lain untuk dilihat, dimengerti, dan ditanggapi.

Weblog melebihi Surat Elektronik
Surat elektronik sangat baik untuk berhubungan perorangan, namun tidak dapat menghubungkan satu orang terhadap banyak orang sekaligus. Sebagai tambahan, sistem surat elektronik dapat mengkategori surat yang Anda terima, namun tidak mengatur informasi yang Anda butuhkan.

Dari sudut pandang tertentu weblog seringkali dinilai sebagai "catatan harian". Umumnya weblog digunakan untuk satu atau beberapa topik atau pemikiran, biasanya pada ketertarikan topik, dan secara umum dapat dianggap sebagai pengumpul komentar secara perorangan maupun kelompok pada pemikiran tertentu. Sebuah weblog dapat berisi pemikiran individual (seperti catatan harian) atau diskusi bersama yang terbuka untuk umum. Sebagian besar diskusi diawasi oleh moderator.

Arti kata weblog berkembang seiring waktu dikarenakan keanekaragaman ide dan ide-ide baru dapat dengan mudah diciptakan.

Penyedia Layanan Blog Gratis

1. Blogger
Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Akuisi oleh Google tersebut membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan oleh Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis untuk pengguna. Sekitar setahun kemudian, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google. Pada 2004, Google membeli Picasa; lalu mengintegrasikannya dengan layanan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blog yang dimilikinya di Blogger. Berminat membikin blogspot daftar di www.blogspot.com

2. Wordpress
WordPress adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung sistem basis data MySQL. WordPress adalah penerus resmi dari b2\cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman dari ketua developer, Matt Mullenweg.
Rilis terbaru WordPress adalah versi 2.5 .[1] WordPress didistribusikan dengan lisensi GNU General Public License. Mau mencoba silakan daftar di www.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar